Senin, Maret 07, 2011

Windows dalam Website?

Sebuah website dibuat untuk memberikan kemudahan dalam penyajian informasi kepada pengguna. Untuk itu para pengembang website dituntut untuk memberikan penyajian informasi yang menarik, unik, dan berbeda dari yang lain, sehingga memberikan kesan yang mendalam ketika berada dalam webstite tersebut.
Dalam postingan kali ini saya akan membahas sebuah website yang menurut saya cukup menarik dan berbeda dari website yang pernah saya temukan. Perhatikan gambar berikut.


Pertanyaan muncul, apakah gambar diatas merupakan tampilan website atau itu merupakan tampilan desktop?. Jawabannya adalah ini merupakan sebuah website, anda bisa lihat di www.michaelv.org. Jika anda pernah menggunakan versi awal dari windows mungkin anda langsung dapat mengenalinya. Yah ini merupakan tampilan dari windows 3.1.
Yang menarik dan unik dari website ini tidak hanya desainnya saja yang dibuat seperti windows 3.1 tetapi juga fungsi-fungsi standar pada windows juga dimiliki oleh website ini seperti MS-DOS, browser, notepad, kalkulator, bahkan control panel untuk mengganti wallpaper dan masih ada lagi fungsi-fungsi yang tidak saya sebutkan, silakan saja ke www.michaelv.org.


Gimana, yang jadi bahan pemikiran saya adalah gimana cara membuat fungsi-fungsi standar pada window dan kemudian ditampilkan pada website ini, seperti fungsi MS-DOS, kalkulator, sampai mengganti wallpaper.


Demikian ulasan penjelasan tentang website unik yang saya jelaskan kali ini. Untuk merasakan windows 3.1 versi website silakan kunjungi www.michaelv.org. Sekian penjelasan kali ini, mohon untuk rekan-rekan sekalian meninggalkan sepatah dua patah kata untuk mengomtari website ini, Terima kasih.

13 komentar:

Arry Rinaldy Pratama mengatakan...

seperti virtual machine. tapi unik saya baru melihat web seperti ini. tapi kok saya bingung ketika ingin mencoba untuk keluar dari program-program yang saya buka sepertinya tidak ada informasi untuk itu.

wahyu.dias mengatakan...

@Arry : sama gw jugamikir kyk VM Ware..hehe..cara nutupnya klik dipojok kiri dua kali bisa...
klo mw ngeliat informasinya tinggal klik dua kali aja di icon...

Cory Diana mengatakan...

Unikk bangeett...b^^d
Dan bisa langsung dicoba windows 3.1 ini tanpa perlu d install..
hihihi

Gmn cara buatnya yahh??*kagum

haris sanjaya mengatakan...

Mantabb, unix bukan linux yah, heee,
jd inget masa lalu, heee..

Yusuf Setiadi mengatakan...

wew, keren amat gan...
loadingnya juga cepat yah

Rony Raditya mengatakan...

ini bagus banget, keliatan pak wahyu dyas udah eksis jaman itu..memberikan informasi tentang interface windows jaman dulu...

Fariz mengatakan...

Serasa reuni dengan windows 3.1
Anyway dari segi IMK, sepertinya si pembuata agak tidak konsisten, karena saat saya mencoba mengklik icon my computer, asumsi saya akan menampilkan data-data dari isi harddisk(entah hardisk siapa)

Tetapi nyatanya justru membuka explorer web yang mengarahkan ke situs itu sendiri, sehingga user bisa dipusingkan dengan berbagai simbol-simbol asing yang isinya tidak sesuai dengan persepsi user

mahasiswa merantau mengatakan...

waduh w malah kagak tw....

soalnya w bukan orang dulu sih...
hahhaha....


tapi keren ini...
nice share...
jadi intinya kalo udah ada yang lebih bagus jangan lupakan yang lama
karna tidak ada yang baru jika yang lama tidak ada

agungwidyo mengatakan...

kaya model ext-JS ya?

rizky ms mengatakan...

seperti kata agung, website ini sepertinya memang dibuat dengan menggunakan extJS.
desainnya unik.

Yusrizal Ihya mengatakan...

iya ya...itu pake extJS ya...
tapi masih dalam versi windows 3.1....
lumayan bila kita ingin mencoba-coba windows 3.1 tanpa menginstallnya...

Anonim mengatakan...

@_fireshare says:
Ehm, kalo kagak salah mbah pernah baca, dan itu namanya Cloud OS.. Yang menarik adalah cepatnya web-ini. Kalo pake linux, embah bisa pake temen lama embah.
Uhuk-uhuk. Embah bisa nostalgia sama jaman embah dulu, Windows 3.1 peluk.

Anonim mengatakan...

udah ane buka dari kemarin malam yas..wkwkw..tapa memang bener2 asik,seperti menggunakan virtual machine tapi ternyata cuma broser doang...:))

http://melliferai.wordpress.com/category/interaksi-manusia-komputer/